VirtualBox adalah aplikasi yang saya gunakan untuk menjalankan OS lain di dalam mesin saya tanpa harus mematikan OS default yang saya gunakan. Jadi saya bisa instal Windows maupun distro-distro linux lain di atas Zenwalk Linux yang saya gunakan. Tanpa harus partisi-partisian dan tanpa harus restart untuk menjalankan OS yang lain. Sebenarnya banyak aplikasi lain yang bisa dicoba seperti VMWare, Qemu, Paralel dll tetapi saya sudah terlanjur suka dengan VirtualBox ini.

Barusan saya mencoba VirtualBox terbaru, versi 2.0.4 dan saya lihat ada beberapa perubahan yang cukup menarik. Yang paling kentara adalah interface yang semakin cakep, sepertinya sih menggunakan Qt 4 seperti yang digunakan juga oleh Opera *halah*

Salah satu fitur yang gagal saya gunakan di versi 1.6.x yaitu ‘Seamless Mode’ berjalan lancar di versi ini. Seamless mode memungkinkan OS yang menjadi guest (dalam kasus saya, Windows XP) seolah-olah menyatu dengan OS yang menjadi host-nya (dalam kasus saya, Zenwalk Linux). Jadi OS yang menjadi guest tidak terbingkai oleh suatu frame melainkan gabung jadi satu.

Jika Anda tertarik, silahkan download langsung di VirtualBox.org dan pilih paket yang sesuai dengan OS dan atau distro Anda.

Berikut screenshootnya: