Sebuah komputer terdiri atas banyak komponen di dalamnya. Ada motherboard, kartu grafis, kartu suara, kartu jaringan, modem, Bluetooth, dan sederet komponen lainnya. Dan semuanya butuh driver untuk bisa bekerja dengan baik.

Repotnya, tidak semua driver didukung oleh Windows. Perangkat-perangkat keluaran baru umumnya membutuhkan instalasi driver sebelum bisa digunakan. Wajar saja, saat sistem operasi dibuat, perangkat baru itu belum dibuat sehingga drivernya belum bisa ditanamkan ke Windows.
Di samping itu, driver yang baru dikeluarkan umumnya belum sempurna. Driver yang “bermasalah” itu bisa menyebabkan beberapa fungsi gagal bekerja dengan baik atau bahkan bisa menyebabkan Windows jadi hang. Alhasil, pengguna tetap harus berburu driver walaupun sudah punya driver.
Repotnya belum selesai sampai di situ saja. Masing-masing perangkat dikeluarkan oleh vendor yang berbeda-beda dan tipenya pun bermacam-macam. Terbayang repotnya kalau harus mencari driver satu persatu secara berkala.
Supaya tak repot lagi, cobalah VersionTracker Pro. Aplikasi ini bisa secara otomatis memantau versi terbaru dari driver dan aplikasi yang terinstal di Windows Anda. Bila ada driver baru yang ditemukan, Anda akan diberitahu. Version Tracker juga menyediakan penjelasan detil mengenai setiap update yang tersedia, sehingga Anda dapat mengetahui apa saja perubahan yang terjadi di driver baru dan dapat dengan mudah mengambil keputusan apakah akan mengunduh dan menginstal update driver terbaru atau tidak.
Di samping mencari update driver yang telah terinstal di sistem, VersionTracker Pro juga mempunyai fitur pencarian driver secara manual. Di database VersionTracker ada lebih dari 198 ribu macam driver dan aplikasi. Untuk driverdriver yang dipilih untuk diinstal, VersionTracker punya Download History yang berfungsi mencatat berbagai driver dan aplikasi yang telah Anda “ambil” dari Version Tracker.
Kalau update terbaru yang tersedia dianggap tak diperlukan, Anda bisa menggunakan Skip Version. Fitur ini akan melewatkan versi driver terpilih dari daftar informasi update driver baru. Jangan khawatir, kalau ada versi yang lebih baru lagi, program akan memberitahukan kepada Anda di kemudian hari. (Steven Andy Pascal – Kontributor)
Plus     : Pengunduhan terjadwal; Database driver sangat lengkap; Dilangkapi Download Maneger.
Minus : Berbayar; Tidak mendukung Windows lawas