Asus meluncurkan rangkaian lengkap produk-produk drive optik terbaru yang diklaim tercepat  mulai dari drive DVD-RW, hingga drive Blu-ray Disc combo. Jajaran Produk terbaru tersebut diantaranya, SBC-06D1S-U dan ASUS SDR-08D1-U dan SDRW-08D1S-U.


Ketiga drive optic eksternal tersebut didukung konektivitas USB 2.0.  Untuk SBC-06D1S-U, Asus mengklaim drive tersebut mampu bekerja pada enam kali read speed Blu-ray standar.  SBC-06DIS-U dilengkapi dengan teknologi True Theater High Definition (TTHD). Teknologi ini memungkinkan untuk memberikan kualitas HD tak tertandingi saat memainkan DVD pada sistem home theater berbasis PC. Hasilnya adalah video yang lebih tajam, pengurangan pada gangguan suara latar belakang yang signifikan, serta peningkatan aliasing untuk gambar yang lebih halus.

SBC-06D1S-U juga memberikan rasa aman karena proteksi yang menyeluruh dan fleksibel. Enkripsi disc memungkinkan pengguna memproteksi dengan kata sandi yang ditentukan sebelumnya pada disc secara keseluruhan atau untuk file tertentu.

“Sebagai tambahan, pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan file untuk mencegah perusakan data,” tulis Asus dalam keterangannya Senin (22/3/2010),

Antarmuka drag and burn yang intuitif juga melengkapi drive baru ini, sehingga menghilangkan kerumitan membackup data dan penyimpanan media. Antarmuka ini mengurangi proses yang tadinya membutuhkan enam tahap hingga hanya menjadi tiga langkah sederhana.

Sementara itu, untuk SDR-08D1-U, Asus mengusung drive optic yang ramah lingkungan dengan mobilitas ekstrem. Drive ini memiliki desain top loading yang ergonomis, tapi juga mengutamakan  fungsionalitas. SDR-08D1-U membuat hiburan multimedia tetap terjaga dari lonjakan biaya penggunaan listrik. Menggunakan eGreen engine, yang secara otomatis mematikan drive ketika pengguna meninggalkan drive dalam kondisi idle selama dua menit atau lebih.

Hal ini menghemat energi sekaligus mengoptimalkan umur teknis. Pengguna bahkan dapat melihat catatan penghematan energi melalui aplikasi yang tersedia dalam eGreen.

SDR-08D1-U juga dilengkapi dengan software eMedia, yang dapat meningkatkan performa pembacaan dan penyalinan. eMedia secara otomatis mendeteksi kebutuhan pengguna berdasarkan pada media yang digunakan, mengoptimalkan performa untuk setiap tugas yang diberikan. Pengguna kemudian mendapatkan manfaat pengurangan tingkat kebisingan secara signifikan sekaligus kecepatan penyalinan yang lebih tinggi.
(ugo)