LAS VEGAS – Menyusul angka kejahatan cyber yang semakin tinggi, Microsoft pun memberikan penawaran istimewa bagi mereka yang bisa menciptakan taktik terbaik untuk menjegal sang pelaku.

Kompetisi BlueHat Prize itu diumumkan raksasa software Amerika Serikat pada gelaran konferensi keamanan komputer Black Hat di Las Vegas. Kompetisi ini menawarkan uang tunai maupun hadiah-hadiah lain senilai lebih dari USD250 ribu kepada para ahli software yang mampu memberikan solusi meredam kejahatan cyber.
“Menyusul risiko serangan terhadap sistem komputer pribadi maupun pemerintah terus meningkat, Microsoft menyadari pentingnya menstimulasi riset terkait teknologi keamanan komputer,” jelas Trustworthy Computer Group General Manager Microsoft Matt Thomlinson seperti dikutip Straits Times, Kamis (4/8/2011).

“Harapan kami adalah untuk mempromosikan kegiatan yang fokus dalam mengembangkan solusi-solusi inovatif ketimbang menemukan isu-isu individual,” lanjutnya merujuk pada perbedaan kebijakan Microsoft yang menawarkan hadiah untuk solusi terhadap semua bentuk kejahatan cyber, alih-alih imbalan bagi mereka yang menemukan bug tertentu.

Melalui kompetisi ini, Microsoft berharap bisa menginspirasi para peneliti, pekerja profesional di bidang keamanan komputer, hingga hacker muda untuk memberikan kontribusinya.

Seluruh peserta BlueHat Prize akan dievaluasi oleh panel juri internal di Microsoft. Solusi terbaik akan mendapat hadiah senilai USD200 ribu, sementara USD50 ribu diberikan untuk peringkat dua. Sedangkan peraih posisi tiga bisa berlangganan layanan Microsoft senilai USD10 ribu.

Pemenang kompetisi ini bakal diumumkan pada pertemuan Black Hat di Las Vegas, tahun depan.

(sumber)