detail berita

NEW YORK – Jika anda menjadi tersangka sebuah kejahatan, maka menantang aparat kepolisian lewat Facebook agaknya bukan pemikiran yang bijak.

 Tanya saja pada Ruben J. Burgos yang tidak bisa menahan diri untuk menguji kecerdasan pihak Kepolisian New York, sekaligus kekuatan jejaring sosiak raksasa dengan lebih dari 700 juta anggota.

Seperti dilansir Cnet.com, Sabtu (30/7/2011), Burgos agaknya mengira tindakannya meng-update status Facebook-nya dengan kalimat “Tangkap saya jika bisa. Saya berada di Brooklyn”, sangat lucu.

Dia bahkan sempat membuat video yang menampilkan dirinya berjalan menuju kantor kepolisian New York dan mem-postingnya di halaman Facebook-nya.

Tindakan yang sangat tidak bijak, mengingat Burgos ternyata termasuk orang yang dicari-cari pihak kepolisian dengan tiga tuduhan tindak kejahatan serta dua tuduhan pelecehan terhadap kekasihnya.

‘Ajakan’ Burgos akhirnya dipenuhi pihak kepolisian yang berhasil melacak keberadaannya dan menangkapnya di Brooklyn, Senin lalu. “Dia menyuruh kami untuk menangkapnya dan itulah yang kami lakukan,” ujar Sersan Steve Hauck.

Lebih lanjut, Hauck menjelaskan bahwa posting Facebook Burgos yang cukup menghibur pihak kepolisian itu terlah dihapus.