Dalam komputasi, sebuah sistem operasi (OS) adalah sebuah antarmuka antarahardware dan pengguna yang bertanggung jawab atas manajemen dan koordinasi kegiatan dan berbagi sumber daya komputer, yang bertindak sebagai tuan rumah untuk komputasi aplikasi dijalankan pada mesin. Salah satu tujuan dari sistem operasi adalah untuk menangani alokasi sumber daya dan perlindungan akses perangkat keras.

Operating Sistem menawarkan sejumlah layanan untuk program-program aplikasi dan pengguna. Aplikasi mengakses layanan melalui antarmuka pemrograman aplikasi (API) atausystem calls. Dengan menerapkan antarmuka ini, aplikasi dapat meminta layanan dari sistem operasi, lewat parameter, dan menerima hasil dari operasi. Pengguna juga dapat berinteraksi dengan sistem operasi dengan perangkat lunak semacam antarmuka pengguna seperti mengetik perintah dengan menggunakan antarmuka baris perinta (CLI) atau menggunakan antarmuka pengguna grafis. Untuk dipegang tangan dan komputer desktop, antarmuka pengguna umumnya dianggap sebagai bagian dari sistem operasi. Pada sistem yang besar seperti mirip Unix sistem, antarmuka pengguna umumnya dilaksanakan sebagai suatu program aplikasi yang berjalan di luar sistem operasi.

Sementara server umumnya menjalankan Unix atau beberapa operasi mirip Unix sistem, sistem tertanam pasar anda dipisah-pisahkan di antara beberapa sistem operasi, walaupun Microsoft Windows garis sistem operasi telah hampir 90% dari pasar PC klien.

 

 

 

 

Contoh dari sistem operasi


GNU/Linux and Unix-like operating systems

Ken Thompsonmenulis B, terutama didasarkan pada BCPL, yang digunakan untuk menulis Unix, berdasarkan pengalamannya dalam Multics proyek. B digantikan olehC, dan Unix berkembang menjadi besar, keluarga kompleks yang saling terkait sistem operasi yang telah berpengaruh Yang mirip Unix keluarga adalah kelompok beragam sistem operasi, dengan beberapa sub-kategori utama termasuk System V,BSD, dan GNU / Linux. NamaUNIX adalah merek dagang dari The Open Groupyang lisensi itu untuk digunakan dengan sistem operasi apapun yang telah terbukti sesuai dengan definisi mereka Unix-like biasanya digunakan untuk merujuk ke set besar sistem operasi yang mirip Unix yang asli.

Sistem mirip Unix dijalankan pada berbagai arsitektur mesin. Mereka adalah berat digunakan untuk server dalam bisnis, serta workstation di bidang akademik dan teknik lingkungan. Gratis Unix varian, sepert GNU / Linux dan BSD, yang populer di daerah ini.

Beberapa varian Unix seperti HP HP-UX dan IBM AIX yang dirancang untuk berjalan hanya pada hardware vendor. Lain, sepert Solaris, dapat berjalan di berbagai jenis hardware, termasuk x86 server dan PC. Apple™ Mac OS X, sebuah kernel hibridaberbasis varian BSD berasal dari NeXTSTEPMach, dan FreeBSD, telah diganti Apple sebelumnya (non-Unix) Mac OS.

Unix interoperabilitas dicari dengan membentuk POSIX standar. Standar POSIX dapat diterapkan ke sistem operasi apapun, meskipun pada awalnya diciptakan untuk berbagai varian Unix.

Mac OS X

Mac OS X adalah garis dari sebagian kepemilikan, sistem operasi grafis dikembangkan, dipasarkan, dan dijual oleh Apple Inc, yang terbaru adalah pre-loaded pada saat pengiriman semua Macintosh komputer. Mac OS X adalah penerus asli Mac OS, yang telah Apple sistem operasi utama sejak tahun 1984. Tidak seperti pendahulunya, Mac OS X adalah UNIX sistem operasi yang dibangun di atas teknologi yang telah dikembangkan di NeXT melalui paruh kedua tahun 1980-an dan sampai dibeli perusahaan Apple pada awal 1997.

Sistem operasi ini pertama kali dirilis pada tahun 1999 sebagai Mac OS X Server 1.0,dengan versi yang berorientasi desktop (Mac OS X v10.0) setelah pada Maret 2001. Sejak itu, enam lebih jelas “klien” dan “server” edisi Mac OS X telah dibebaskan, yang terbaru Mac OS X v10.6, yang pertama kali tersedia pada tanggal 28 Agustus 2009. Releases of Mac OS X dinamai setelah kucing besar; versi terakhir dari Mac OS X dijuluki “Snow Leopard”.

Edisi server, Mac OS X Server, adalah arsitektur identik ke desktop counterpart tetapi biasanya berjalan pada garis Apple Macintosh server hardware. Mac OS X Server kelompok kerja termasuk manajemen dan administrasi perangkat lunak yang menyediakan akses disederhanakan kunci layanan jaringan, termasuk agen transfer mail, sebuah server Samba, sebuah LDAP server, nama domain server, dan lain-lain.

Microsoft Windows (OS)

Microsoft Windows adalah keluarga sistem operasi proprietary yang berasal sebagai add-on untuk yang lebih tua MS-DOS sistem operasi untuk IBM PC. Versi modern didasarkan pada yang lebih baru Windows NT kernel yang pada awalnya ditujukan untuk OS / 2. Windows berjalan pada x86, x86-64 dan Itanium prosesor. Versi sebelumnya juga berlari di Alpha, MIPS, Fairchild (kemudian Intergraph), Clipper danPowerPC arsitektur (beberapa pekerjaan dilakukan pada port ke SPARC arsitektur).

Microsoft Windows masih memegang jumlah besar di seluruh dunia desktop pangsa pasar. Jendela ini juga digunakan pada server-server, aplikasi pendukung sepertiserver web dan database server. Dalam beberapa tahun terakhir, Microsoft telah menghabiskan signifikan pemasaran dan penelitian dan pengembangan uang untuk menunjukkan bahwa Windows mampu menjalankan aplikasi perusahaan apapun, yang berakibat pada harga yang konsisten / kinerja catatan (lihat TPC) dan penerimaan yang signifikan dalam pasar perusahaan.

Saat ini, yang paling banyak digunakan versi Microsoft Windows adalah Windows XP, dirilis pada 25 Oktober 2001.

Pada November 2006, setelah lebih dari lima tahun pembangunan, Microsoft merilisWindows Vista, sebuah versi sistem operasi baru dari Microsoft Windows keluarga yang berisi banyak fitur baru dan perubahan arsitektur. Kepala di antara ini adalah antarmuka pengguna baru dan gaya visual yang disebut Windows Aero, sejumlah fitur keamanan baru, seperti User Account Control, dan beberapa aplikasi multimedia baru seperti server varian berdasarkan kernel yang sama, Windows Server 2008, dirilis pada awal 2008.

Pada 22 Oktober 2009, Microsoft merilis Windows 7, pengganti Windows Vista, datang tiga tahun setelah peluncurannya. Meskipun Vista baru saja memperkenalkan fitur baru, Windows 7 bertujuan untuk merampingkan ini dan berikan kepada yang lebih cepat lingkungan kerja secara keseluruhan. Windows Server 2008 R2, varian server, dirilis pada waktu yang sama.

Google Chrome OS


Pada tanggal 7 Juli 2009 Google mengumumkan bahwa mereka akan merilis sebuah Sistem Operasi dengan paruh kedua 2010. Google Chrome OS akan dirancang untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web. Ini akan menjadi open source OS.

Inilah yang Google Chrome OS diperkirakan akan terlihat.

Plan 9


Ken Thompson, Dennis Ritchie dan Douglas McIlroy di Bell Labs mendesain dan mengembangkan bahasa pemrograman C untuk membangun sistem operasi Unix. Programmer di Bell Labs melanjutkan untuk mengembangkan Plan 9 dan Inferno,yang direkayasa untuk lingkungan terdistribusi modern. Plan 9 ini dirancang dari awal untuk menjadi sistem operasi jaringan, dan memiliki grafis built-in, tidak seperti Unix, yang menambahkan fitur ini untuk desain nanti. Plan 9 ternyata belum menjadi populer sebagai turunan Unix, namun memiliki komunitas pengembang meluas. Saat ini dirilis di bawah Lisensi Publik Lucent. Inferno dijual kepada Vita Nuova Holdings dan telah dirilis di bawah GPL / MIT license.

Real-time sistem operasi

Artikel utama: real-time sistem operasi

A real-time operating system (RTOS) adalah sebuah sistem operasi multitasking yang ditujukan untuk aplikasi dengan tenggat waktu yang tetap (real-time komputasi). Aplikasi ini mencakup beberapa kecil embedded system, mesin mobil controller, robot industri, pesawat ruang angkasa, kontrol industri, dan beberapa berskala besar sistem komputasi.

Contoh awal berskala besar waktu-nyata sistem operasi Sarana Pengolahan Transaksi dikembangkan oleh American Airlines dan IBM untuk Sabre Sistem Reservasi Airline.

Embedded system yang memiliki tenggat waktu tetap menggunakan real-time sistem operasi seperti VxWorks, ecos, QNX, MontaVista Linux dan RTLinux.Windows CE adalah sebuah real-time sistem operasi yang mirip saham API untuk desktop Windows, namun tidak satu pun saham desktop Windows ‘codebase[rujukan?].

Beberapa embedded system menggunakan sistem operasi seperti Symbian OS, Palm OS, BSD, dan GNU / Linux, sistem operasi seperti itu meskipun tidak mendukung komputasi real-time.

Hobby pembangunan

Pengembangan sistem operasi adalah salah satu yang lebih terlibat dan pilihan teknis untuk penggemar komputasi. Sebuah sistem operasi hobi diklasifikasikan sebagai salah satu dengan sedikit atau tanpa dukungan dari pemeliharaanpengembang. [5] Pengembangan biasanya dimulai dengan sistem operasi yang ada. Para penggemar adalah pengembang sendiri, atau mereka berinteraksi dalam waktu yang relatif tidak terstruktur kecil dan kelompok individu yang seluruhnya terletak serupa dengan basis kode yang sama. Contoh dari sistem operasi hobi termasuksuku kata dan ReactOS; Minix adalah contoh klasik.

Commodore

Commodore International merancang serangkaian 8 bit platform yang semua untuk satu derajat atau lain cerdas secara terpisah namun interconnectable. Sebagai contoh, satu komputer selalu menyala sebagai tuan rumah, dan yang lain menyala dalam koperasi umumnya negara, sesuai dengan koordinasi yang kompleks sinyal (BICARA / DENGARKAN protokol) sehingga mereka bisa bekerja secara terpisah atau bersama-sama, tergantung pada tugas-tugas apa pun di tangan. [rujukan?]Meskipun BICARA / DENGARKAN protokol didukung secara logis sampai 30 perangkat daisy-chaining bersama di serial bus, sinyal pelemahan diperlukan semacam perangkat di tengah untuk tegangan pemeliharaan melalui buffer, penguat, dan mualim. For the state of the art in the late 1980s, the machine was at a roadblock. Untuk keadaan seni di akhir 1980-an, mesin itu di sebuah hambatan. BICARA / DENGARKAN protokol ini sangat mirip dengan SCSI bus penuh tetapi tidak ada arbitrase fase, dan hanya satu menyala sebagai tuan rumah, yang kemudian dapat perintah satu atau lebih dari perangkat lain untuk memasuki negara Berbicara atau mendengarkan, sampai saatnya bahwa beberapa komputer lain dalam rantai daisy bersedia menjadi tuan rumah. Dalam beberapa kasus, satu atau lebih komputer dapat mengantar rantai daisy untuk jangka waktu tertentu sampai mereka secara sukarela (atas kemauan sendiri) datang kembali, yang disebut “reentrance”,[rujukan?] Tapi masih belum ada arbitrase fase seperti yang dinikmati oleh SCSI yang sesuai untuk komputer. Salah satu keterbatasan adalah sejumlah kecil perangkat fisik (dekat dengan 32, tergantung pada cara sinyal ini diperkuat sebelum propagasi) yang dapat terhubung, mencegah dari yang berguna dalam lingkungan multi-user.

Lainnya

Sistem operasi yang lebih tua yang masih digunakan dalam pasar ceruk termasukOS / 2 dari IBM dan Microsoft; Mac OS, Unix non-pendahulu untuk Apple’s Mac OS X; BeOS; XTS-300. Sebagian, terutama AmigaOS 4 dan RISC OS, terus dikembangkan sebagai platform bagi penggemar minoritas masyarakat dan spesialis aplikasi.OpenVMS sebelumnya dari Desember, masih di bawah pengembangan aktif olehHewlett-Packard.

Ada beberapa sistem operasi untuk komputer 8 bit “Apple™ DOS (Disk Operating System) 3,2 & 3,3 untuk Apple II, ProDOS, UCSD, CP / M – tersedia untuk berbagai macam 8 dan 16 bit lingkungan, FutureOS untuk Amstrad BPK 6.128 dan 6128Plus.

Penelitian dan pengembangan sistem operasi baru terus berlanjut. GNU Hurddirancang agar kompatibel dengan Unix, tetapi dengan fungsionalitas dan peningkatan arsitektur mikrokernel. Singularity adalah sebuah proyek di Microsoft Research untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yang lebih baik proteksi memory berdasarkan. Net kode dikelola model. Pengembangan sistem mengikuti model yang sama digunakan oleh lain Pengembangan perangkat lunak, yang melibatkan pengelola, kontrol versi pohon, [rujukan?] Garpu,patch, dan spesifikasi. Dari AT & T-Berkeley gugatan sistem tidak terbebani baru didasarkan pada 4.4BSD yang bercabang FreeBSD dan NetBSD sebagai upaya untuk menggantikan kode hilang setelah perang Unix. Recent forks include DragonFly BSD and Darwin from BSD Unix.  Garpu baru-baru ini termasuk Dragonfly BSD dan Darwin dari BSD Unix.