Di saat operator lain mulai meninggalkan penawaran akses data unlimited, Smartfren Telecom malah bersikap sebaliknya. Operator seluler CDMA ini akan terus menggeber paket unlimited.

“Kami akan terus memberikan layanan unlimited. Unlimited kami ya benar-benar true, tidak ada pembatasan. Dan lagipula harganya juga terjangkau,” kata Hermansyah, Division Head Mobile Broadband Service Management Smartfren kepada detikINET belum lama ini.

Hermansyah mengklaim Smartfren terus menambah kualitas infrastruktur jaringannya. Jadi resources mereka tidak akan seluruhnya termakan meski terus menggelar layanan data tanpa batas.

“Sekarang user arahnya sudah ke data centric. Voice sudah stagnan jadi yang naik layanan datanya. Sejak tahun 2011 kami mencatat pelanggan di layanan data dan mobile broadband sangat luar biasa,” ucapnya.

Selain layanan unlimited, Smartfren juga memberikan pilihan layanan volume base. Layanan ini memungkinkan user mendapatkan kecepatan internet Rev B sampai 14,7 Mbps.

Hermansyah menyatakan layanan Rev B Smartfren sudah merata di seluruh jaringannya, meski fokusnya masih di Jawa dan Sumatra. Mereka pun akan mencoba mengoptimalkan layanan andalannya itu.

“Ke depannya memang arahnya menuju ke Long Term Evolution (LTE), namun di Indonesia tampaknya masih lama, sedangkan layanan yang ada saat ini saja belum optimal. Rev B dengan kecepatan 14,7 Mbps rasanya sudah bisa menjawab,” kata dia.

Jumlah pelanggan data Smartfren sendiri sampai akhir Desember 2011 mencapai 1,3 juta. Angka tersebut dihitung dari murni pelanggan data, misalnya yang memakai dongle keluaran Smartfren.

Sedangkan pelanggan total operator yang usianya masih terbilang muda itu tercatat sekitar 7,6 juta. Untuk tahun 2012, Smartfren menargetkan dapat menambah jumlah pelanggannya ke kisaran 10 juta.

 

sumber