Berhati-hatilah dan selalu waspada saat menggunakan layanan Online Banking. Sebab menurut data Kaspersky Security Network dalam tiga bulan terakhir Trojan banker terdeteksi di sekitar 2,000 komputer setiap hari mengincar data nasabah.

Data Kaspersky Security Network menyebutkan bahwa ada 780 tanda program berbahaya baru, yang menargetkan informasi keuangan sensitif, masuk ke dalam database Kaspersky Lab. Hal ini sama dengan 1.1% dari seluruh jumlah malware yang terdeteksi oleh software Kaspersky.

Di bulan Januari, para ahli Kaspersky Lab menemukan Trojan-Banker.MSIL.MultiPhishing.gen yang dirancang untuk mencuri data detil nasabah berbagai bank seperti Santander, HSBC Bank UK, Metro Bank, Bank of Scotland, Lloyds TSB, dan Barclays.

Setelah masuk dalam komputer, Trojan akan menunggu layanan online banking untuk mulai bekerja. Malware ini kemudian akan memunculkan tampilan tiruan dari format otorisasi bank yang bersangkutan. Untuk memastikan data, Trojan akan melakukan pengecekan data yang dimasukkan. Dengan cara ini para pelaku berhasil memperoleh informasi rahasia yang memberikan mereka akses penuh atas akun bank nasabah.

CHIP-Online-Kaspersky-Lab-Trojan-Banker

Trojan ini utamanya menargetkan nasabah di Inggris, dengan lebih dari 90% pendeteksian antivirus. Tidak hanya Inggris, Trojan banker juga mengincar pengguna online banking di seluruh dunia. Negara yang paling sering menjadi target malware ini adalah Brazil (16,9%), diikuti Rusia (15,8%) dan Cina (10,8%).

Kaspersky Lab mengingatkan pengguna komputer untuk lebih berhati-hati menjaga informasi rahasia, dan lebih teliti memperhatikan format online yang menanyakan data yang tidak biasa.

 

sumber

Advertisements