Collusion adalah add-on untuk Firefox yang memungkinkan Anda untuk mengetahui situs pihak ketiga yang mencoba untuk melacak aktivitas online Anda di internet.

Add-on ini akan menampilkan grafik secara real time yang menyerupai ‘jaring laba-laba; yang menunjukkan interaksi proses pelacakan yang sedang dilakukan.


Secara sederhana Collusion dapat membantu pengguna Firefox untuk mengetahui siapa pihak ketiga yang sedang mengawasi aktivitas online mereka. Dan dengan Collusion, maka add-on ini dapat mematikan pelacakan tersebut.Collusion dikembangkan oleh Atul Varma, salah satu pegawai Mozilla Labs. Atul Varma mengatakan jika Collusion diciptakan untuk mengedukasi pengguna internet tentang cara kerja cookie dan aktivitas pelacakan web.

“Saya sebenarnya tidak tahu banyak tentang pelacakan itu sendiri, sehingga saya menciptakan Firefox add-on yang disebut Collusion untuk membantu memvisualisasikan lebih baik,” papar  Atul Varma dalam blog-nya.

Pengguna Firefox yang ingin memasang Collusion dapat mengunjungi laman ini. Nantinya setelah add-on tersebut terpasang, sebuah logo Collusion akan tertampil pada sisi kanan bawah bilah penggayaFirefox.

Jika Anda menklik logo tersebut akan tertampil grafik yang menyerupai ‘jaring laba-laba’ yang menunjukkan pelacakan aktivitas online yang sedang dilakukan.

Ingin men-export atau menimpan grafik tersebut? Sila menklik tombol Export GraphCollusion juga memiliki fitur penghentian pelacakan untuk menhentikan proses pelacakan yang sedang dilakukan oelh pihak ketiga.

 

sumber: http://sidomi.com